IKIP Muhammadiyah Maumere Laksanakan Pelepasan Mahasiswa Magang 3 di Sekolah Kawasan Kabupaten Sikka

lp3m.ikipmumaumere.ac.id (06/09). IKIP Muhammadiyah Maumere melaksanakan pelepasan mahasiswa magang 3 di sekolah sekolah yang berada dikawasan kabupaten Sikka yang dilepas oleh Rektor H. Rodja Abdul Natsir, SH., M.Pd dengan dihadiri dosen pendamping dari 8 program studi di IKIP Muhammadiyah Maumere.

Proses pengabdian sebagai wacana bagi calon pendidik yang turun lapangan diharapkan memperoleh feedback dan literatur bahan tentang menanggapi proses dalam menjawab pertanyaan “bagaimana menjadi guru yang semestinya”

Pembekalan Magang 3 IKIP Muhammadiyah Maumere

Selasa (05/09), LP3M Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Maumere melaksanakan pembekalan magang 3 kepada mahasiswa peserta magang tahun 2016/2017. Magang 3 adalah upaya pengembangan pengetahuan, pembentukan keterampilan, dan peneguhan sikap yang dilakukan melalui belajar dengan berbuat (learning by doing). Prinsip magang 3 adalah magang profesi kepada mahasiswa calon guru dan bertahap. Tujuan dilaksanakannya pembekalan ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa terkait tugas dan kewajibannya ketika berada di sekolah nantinya sebagai wawasan mengenai real teaching seperti :

1. Membangun landasan jati diri calon guru melalui kegiatan pengamatan langsung kultur sekolah.

2. Mengenal secara cermat lingkungan fisik, administratif, akademik dan lingkungan sosial sekolah.

3. Melatih mahasiswa mengenal lingkungan sekolah, baik terkait dengan administrasi akdemik sekolah maupun situasi dan gambaran lingkungan sekolah secara umum.

4. Berlatih membiasakan diri dengan keadaan dan tuntutan sekolah dalam rangka mencapai suatu proses pembelajaran yang efektif dan efisien yang bermuara pada capaian prestasi siswa yang berkualitas sesuai yang diamanatkan di dalam kurikulum nasional.

5. Membangun kompetensi dasar pedagogik, kepribadian dan sosial.

6. Menyiapkan tenaga kependidikan yang terdiri dari: guru mata pelajaran, guru  pamong dan tenaga kependidikan lainnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa yang mengikuti magang 3 berjumlah 246 orang mahasiswa dari 8 prodi di IKIP Muhammadiyah Maumere.

KKNP 2017 IKIPMu Maumere

Mahasiswa IKIP Muhammadiyah Maumere  yang tersebar diseluruh desa dan kelurahan yang ada di kabupaten Sikka  telah selesai melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKNP) dari 8 program studi. Penarikan mahasiswa KKNP 2017 dilaksanakan di lokasi KKNP  yang akan dilaksanakan Kamis(31/08/17), yang diwakili oleh dosen pembimbing dari masing masing posko KKNP 2017 IKIPMu Maumere. Acara penarikan dihadiri pula Mahasiswa, Ketua dan anggota LP3M IKIPMu Maumere, serta Panitia KKNP 2017 IKIPMu Maumere.

Penarikan mahasiswa KKNP dilakukan setelah mahasiswa mengabdi selama kurang lebih 45 hari. Melalui program KKNP  yang merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa, diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar melalui keterlibatan secara langsung di masyarakat, memberikan kesempatan untuk mengembangkan pemikiran berdasarkan IPTEK secara multidisiplin namun tidak melupakan kodrat sebagai manusia dalam menjunjung tinggi kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. KKNP 2017 IKIPMu Maumere diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM, tidak hanya kecerdasan yang dibutuhkan untuk memberi kontribusi bangsa ini, namun juga pribadi berkarakter, insan yang berahklak mulia dan berbudi pekerti luhur  sesuai catur darma perguruan tinggi Muhammadiyah, khususnya di pelosok kabupaten Sikka sebagai bahan acuan bahwa Mahasiswa IKIP Muhammadiyah Maumere telah siap menjawab kebutuhan sebagai jawaban bagaimana kemudian dari semua teori yang didapati sebagai insan akademisi yang bukan hanya pada realitas ide semata. Berperan aktif sebagai kontributor dan fasilitator yang menjembatani kebutuhan di desa atau kelurahan, serta meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa kepada masalah yang dihadapi oleh masyarakat, meningkatkan kedewasaan dan kepribadian, meningkatkan daya saing nasional, dan jiwa peneliti, serta memelihara dan meningkatkan hubungan dan MOU dengan pemerintah setempat yang dirancang dalam program kerja selama proses KKNP berlangsung.

#LP3M IKIPMu Maumere
#KKNP2017
http://www.ikipmumaumere.ac.id

IKIPMu Maumere Yudisium Wisuda

Maumere, http://ikipmumaumere.ac.id – Yudisium Wisuda Agustus IKIP Muhammadiyah Maumere merupakan yudisium pertama tahun akademik 2016/2017 sekaligus wisuda pertama di tahun ini. Dilaksanakan di aula lantai 3 IKIP Muhammadiyah Maumere untuk 2 fakultas yakni fakultas MIPA dengan 4 prodi masing masing PRODI Pendidikan Matematika,  Fisika, Kimia, Biologi dan Fakultas PISHUM yaitu PRODI Pendidikan Ekonomi,  Kewarganegaraan,  Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris pada sabtu (16/08/17). Jumlah total calon wisudawan sekitar 200an orang yang telah menyelesaikan ujian akhir yang diselenggarakan selama 4 (empat) hari.

www.ikipmumaumere.ac.id