Jumad 12 Juni 2020, tepatnya di Aula Lantai 3 IKIP Muhammadiyah Maumere dilakukan Pembukaan Kegiatan Pembekalan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN). Kegiatan pembukaan dilakukan pada Pkl 14.00 hingga selesai dihadiri oleh sembilan puluh enam (96) Mahasiswa. Kesembilan puluh enam Mahasiswa ini tersebar dari delapan (8) Pogram Studi (Prodi) yaitu Prodi PBSI, Prodi PBing, Prodi PPKn, Prodi Pendidikan Kimia, Prodi Pendidikan Fisika, Prodi Pendidikan Matematika, dan Prodi Pendidikan Biologi.

Tema yang diangkat adalah #StopCOVID yg merupakan tema sentral. Pembekalan KKNT tentunya dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan seperti pengukuran suhu tubuh, mencuci tangan dan menggunakan masker. Ketua panitia KKNT Fitriah, S.Pd, M.Pd. dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan KKNT akan berlangsung selama sebulan yang dimulai dari tanggal 15 Juni hingga tanggal 16 Juli 2020. Para mahasiswa disebar sesuai dengan desa asal di 20 Kecamatan .

Rektor IKIP Muhammadiyah Maumere Bapak. H. Rodja Abdul Natsir, S.H, M.Pd dalam sambutan saat membuka kegiatan Pembekalan KKNT mengatakan bahwa “kita berada di jalur Muhammadiyah yang sudah mendeklarasi perang terhadap corona ini adalah amanah dari catur darma kita, berikan informasi tepat dan benar perihal COVID 19, jaga sikap selama melaksanakan kegiatan KKNT”.Salah satu peserta KKNT dari Prodi Kimia Siti Farida mengungkapkan jika ia sangat mengapresiasi kegiatan KKNT dengan tema Stop COVID 19 . Ini dikarenakan tema yg diangkat sesuai dengan keadaan kita saat ini dan pastinya keberadaan kami di daerah KKNT akan membantu memberikan pemahaman seputar COVID 19. Dia pun berharap dapat melaksanakan amanat yg diberikan pihak kampus melalui kegiatan KKNT dengan baik.